Home » Tour Package » Meditasi Berjalan Kaki

Meditasi Berjalan Kaki

Salah satu cara yang paling berguna dan mendasar untuk merawat tubuh kita adalah praktik meditasi jalan. Meditasi berjalan adalah praktik sederhana dan universal untuk mengembangkan ketenangan, keterhubungan, dan kesadaran yang terkandung. Ini dapat dilakukan secara teratur, sebelum atau setelah meditasi duduk atau kapan saja, seperti setelah hari yang sibuk di tempat kerja atau pada hari Minggu pagi yang malas. Seni meditasi jalan adalah belajar untuk waspada ketika  berjalan, menggunakan gerakan alami berjalan untuk menumbuhkan perhatian dan kehadiran yang terjaga.
Untuk berlatih, pilih tempat yang tenang di mana Anda dapat berjalan bolak-balik dengan nyaman, di dalam atau di luar, sekitar sepuluh hingga tiga puluh langkah. Mulailah dengan berdiri di salah satu ujung “jalan setapak” ini, dengan kaki Anda tertanam kuat di tanah. Biarkan tangan Anda beristirahat dengan mudah dengan posisi nyaman. Buka indra Anda untuk melihat dan merasakan seluruh lingkungan. Setelah satu menit, kembalikan perhatian Anda untuk fokus pada tubuh. Pusatkan diri Anda, dan rasakan bagaimana tubuh Anda berdiri di bumi. Rasakan tekanan di bagian bawah kaki Anda dan sensasi alami berdiri lainnya. Biarkan diri Anda hadir dan waspada.
Mulailah berjalan sedikit lebih lambat dari biasanya. Biarkan diri Anda berjalan dengan perasaan tenang dan bermartabat. Santai dan biarkan berjalan Anda menjadi mudah dan alami, seolah-olah Anda seorang raja atau ratu keluar untuk jalan-jalan kerajaan. Perhatikan tubuh Anda. Dengan setiap langkah rasakan sensasi mengangkat kaki dan kaki Anda dari bumi. Kemudian letakkan kembali telapak kaki dengan hati-hati. Rasakan setiap langkah dengan penuh perhatian saat Anda berjalan. Ketika Anda mencapai ujung jalan Anda, berhenti sejenak. Pusatkan diri Anda, hati-hati berbalik, berhenti lagi sehingga Anda dapat menyadari langkah pertama saat Anda berjalan kembali. Anda dapat bereksperimen dengan kecepatan, berjalan dengan kecepatan apa pun yang membuat Anda selalu hadir.
Terus berjalan bolak-balik selama sepuluh atau dua puluh menit atau lebih. Seperti halnya napas saat duduk, perhatian Anda akan melayang berkali-kali. Segera setelah Anda menyadari hal ini, akui kemana perginya dengan lembut, “berkeliaran,” “berpikir,” “mendengar,” “merencanakan.” Kemudian kembali untuk merasakan langkah berikutnya. Seperti melatih anak anjing, Anda harus kembali seribu kali. Apakah Anda telah pergi selama satu detik atau selama sepuluh menit, tidak masalah. Cukup mengakui di mana Anda telah dan kemudian kembali untuk hidup di sini dan sekarang dengan langkah selanjutnya yang Anda ambil.
Gunakan meditasi berjalan untuk menenangkan dan menenangkan diri sendiri dan hidup lebih tenang di tubuh Anda. Berlatihlah di rumah terlebih dahulu. Anda kemudian dapat memperpanjang perjalanan sadar Anda dengan cara informal ketika Anda pergi berbelanja, setiap kali Anda berjalan menyusuri jalan atau berjalan ke atau dari mobil Anda. Anda dapat belajar menikmati berjalan demi dirinya sendiri alih-alih perencanaan dan pemikiran yang biasa dan, dengan cara sederhana ini, mulai benar-benar hadir, untuk menyatukan tubuh, hati, dan pikiran Anda sebagai langkah Anda menjalani hidup.  jackkornfield.com   Pictures    hanyoga.wordpress.com

 



© 2016 Bali Cultural Adventures | All Right Reserved | Maintained by Wayan Kertayasa